Alasan Sebaiknya Kita Harus Lebih Perhatian Lagi Terhadap Yang Namanya Sampah

tumpukan-sampah-botol-plastik

Selama ini kita masih memiliki masalah dengan yang namanya sampah. Bahkan sampah di negara kita bisa dibilang cukup memprihatinkan karena kita menjadi negara paling banyak kedua di dunia yang membuang sampah plastik ke lautan.

Selain itu , kita juga masih memiliki masalah dimana masyarakat kita cenderung masih memiliki kebiasaan buruk yang membuang sampah tidak pada tempatnya atau bukan kedalam tong sampah stainless.

Masih banyak yang membuang sampah di tempat yang bukan seharusnya misalnya masih banyak yang membuang sampah di sungai atau kali, para pendaki juga masih banyak yang suka buang sampah di gunung, lalu masih banyak juga yang buang sampah di jalanan, buang sampah di lautan juga masih sangat sering dilakukan, dan masih banyak lagi.

Padahal dampaknya adalah alam menjadi rusak, air menjadi terkontaminasi zat berbahaya, dan tanah pun menjadi tidak subur.

Selain dampak lingkungan, hal ini lama kelamaan akan merugikan manusia itu sendiri, karena gejala penyakit akan juga ikut timbul.

Penyakit kulit, pernapasan, pencernaan , dll akan lebih mudah timbul di tempat yang jorok, kumuh dan juga banyak sampahnya.

  1. Sampah bekas botol minuman, bekas kemasan makanan, dll sulit terurai

Jika sampah – sampah non organik dibiarkan begitu saja di alam maka jangan harap sampah tersebut akan membusuk dan hilang begitu saja dimakan oleh organisme.

Karena fakta yang bakal terjadi adalah sampah tersebut akan terus bertahan dan tidak akan pernah hancur sampai ratusan tahun kedepan.

  1. Air tanah jadi terkontaminasi zat berbahaya

Yap air tanah jelas akan terkontaminasi oleh zat berbahaya yang terkandung didalam sampah plastik yang tertimbun oleh tanah. Ketika hujan dari tanah menyerap air, maka disitu zat – zat yang ada pada plastik juga akan ikut terserap oleh tanah.

Padahal air sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup di dunia ini. Ketika terkandung zat berbahaya pada air, maka jangan heran banyak penyakit – penyakit mematikan yang kerap dirasakan oleh manusia di abad ini.

Maka dari itu, jangan pernah sedikitpun meremehkan yang namanya sampah. Pastikan kita sudah membuang sampah sesuai pada tempatnya.